Kamis, 03 Desember 2009

Klaim JHT Jamsostek?

dony isnandi journal

a words from my life as information technology people

Klaim JHT Jamsostek

23 August 2007 – 11:13 am

Jamsostek oh Jamsostek
Hari ini akhirnya saya mengurus JHT Jamsostek saya. Agak pusing juga mengingat banyak keluhan terhadap proses klaim Jamsostek ini beredar di Internet. Sudah terbayang pula proses berbelit, antrian panjang dan waktu 1/2 hari yang akan terbuang. Namun dengan kebulatan tekad, karena memang uang yang ada cukup lumayan untuk menambah periuk nasi, saya akhirnya memutuskan untuk tetap melakukan klaim… afterall, it’s my own damn money.

Sebelum mengajukan klaim, saya melakukan survey terlebih dahulu dengan membaca di Internet maupun melihat langsung ke situs Jamsostek. Dari sana saya memperoleh informasi bahwa untuk mengajukan klaim, saya harus membawa dokumen:

  1. Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) Asli dan 2 kopi;
  2. KTP Asli yang masih berlaku dan 2 kopi;
  3. Kartu Keluarga Asli dan 2 kopi;
  4. Surat Keterangan Berhenti dan 2 kopi;
  5. Materai Rp 6000 1 lembar

Jamsostek saya sendiri ternyata terdaftar di cabang Gambir, namun berhubung sekarang sudah ‘online’ jadi kita bisa klaim di mana saja. Akhirnya saya memutuskan untuk mengajukan klaim di cabang Gatot Subroto yang dekat dengan kantor.

Dengan berbekal dokumen-dokumen dan mental baja, saya berangkat dengan menumpak Metromini 66 dari depan kantor. Dalam 5 menit sampailah saya di kantor Jamsostek cabang Gatot Subroto. Setelah bertanya pada Om Satpam, sayapun dipersilahkan menuju bagian klaim di lantai 1 kantor tersebut. Ealah.. ternyata di lantai dasar ada kantor pos, jadi untuk anda yang tidak berbekal materai bisa membeli di kantor pos itu.

Di lantai satu saya langsung bertanya pada bapak-bapak yang berjaga di depan. Beliau menanyakan KPJ saya dan kemudian memberikan 3 lembar formulir yang harus saya isi. Saya segera mengisi ketiganya dengan agak ragu, maklum ini pengalaman pertama. Namun akhirnya saya sukses juga mengisi formulir-formulir itu. Setelah itu saya kemudian diberikan nomor antrian ke CSO (Customer Service Officer), dapat nomor 20 euy. Segera saja saya masuk ke ruang tunggu. Ternyata sangat sepi, tidak sampai 10 orang ada disitu. Jauh dari bayangan antrian panjang saya. Dan asyiknya ternyata nomor saya sudah ditunggu oleh CSO. Jadi tanpa sempat menunggu sayapun langsung menghadap.

Sang CSO kemudian memeriksa kelengkapan dokumen saya. Saya memberikan ketiga formulir. Kemudian dia menanyakan KPJ dan kopinya; KTP dan kopinya; Kartu Keluarga dan kopinya; serta Surat Keterangan Berhenti dan kopinya. Setelah membandingkan dan menstempel kopiannya, beliau kemudian mengembalikan KTP asli, Kartu Keluarga asli dan Surat Keterangan Berhenti asli. Sementar KPJ dan kopiannya tidak dikembalikan.

Sang CSO kemudian mengisi beberapa bagian dari formulir saya yang belum diisi (hehehe… soalnya bingung mau diisi apa). Dia kemudian bertanya apakah dananya hendak ditransfer ke bank atau cash. Sayapun menjawab cash karena saya berfikir kalau di transfer ke bank pasti nanti saya deg-deg-an mulu menanti-nanti uang tersebut aktif di rekening saya. Beliau kemudian menuliskan tanggal 31 Agustus di tanggal selesai proses dan kemudian meminta saya kembali tanggal itu untuk mengambil uangnya langsung di kasir yang terletak di ujung seberang meja dia. That’s it… selesailah sebagian proses klaim jamsostek saya.

Weleh.. ternyata tidak berbelit dan ternyata tidak menghabiskan waktu 1/2 hari, walaupun saya harus balik lagi namun lebih baik lah daripada harus buang waktu 1/2 hari nunggu. Salut buat Jamsostek.

Related Post :

Akad Kredit Pesona Cilebut
Hari Selasa tanggal 3 April 2007 kemarin (yang sempat tertunda satu hari karena rencananya dilakukan...

Yamaha Mio Hilang Bag. III: Perusahaan Pembiayaan dan Asuransi
Setelah membahas kronologi hilangnya Mio kami dan bagaimana berhadapan dengan birokrasi, kini akhirnya...

Its alive… its alive..
Awalnya pemeriksaan ketiga untuk kandungan istri akan dilakukan pada hari senin kemarin, namun gagal...

One-day down
Saya langsung acungkan ke-empat jempol yang saya miliki. Hanya karena satu hari down seluruh rank dan...

Grab this Widget

1. 131 Responses to “Klaim JHT Jamsostek”

2. Mas,
Itu mesti nunggu dulu 5 tahun dulu gak ?
soalnya saya baru resign dari perusahaan lama, dan mau langsung nyairin jamsostek saya

thanks

By Dodol on Aug 23, 2007

3. Lima tahun sejak ikut kepesertaan pak. Dan 6 bulan semenjak resign.
Jadi misalkan anda diikutkan oleh perusahaan semenjak tahun 2002, maka anda sudah bisa mencairkan pada tahun 2007.

By donie on Aug 23, 2007

4. waduh….masih lama dong..
saya masuk perusahaan tsb bulan juli 2006 dan resign juni 2007, berarti gak bisa di cairin sekarnag2 yah…..hik..hik…..hik….

By Dodol on Aug 29, 2007

5. Ya gampang,krn bpk ada di pusat,yang online cuma di jakarta,sedang saya sendiri 1bulan belum cair.saya terdaftar di tanjung pinang kemudian saya ambil di blitar eeh sampai sekarang belum cair padahal semua syarat udah lengkap,katanya nunggu yg di tanjung pinang,saya udah nanya ke malang,surabaya hasilnya nol besar,jamsostek memang brengsek.

By Dul on Aug 29, 2007

6. Pak Dul, kalau begitu harusnya ke tanjung pinang pak. Aku sendiri sempet deg2an soal pencairan ini makanya minta dalam bentuk tunai serta tidak berani minta di kota tinggal saya yaitu Bogor,

By donie on Sep 2, 2007

7. Barusan ambil uang-nya di Jamsostek. Ternyata tidak sebesar yang diharapkan, tapi syukurlah. Hanya cukup membawa surat pengantar dan KTP. 30 menit kemudian saya sudah bisa menguangkannya di Bank Mandiri.

By donie on Sep 3, 2007

8. Mau tanya dong.. website jamsostek itu http://www.jamsostek.co.id kan ya?
kok gak bisa diakses ya??

apa ada nomor telp jamsostek yang di gatsu?

thank you

By Arman on Sep 28, 2007

9. Barusan aja saya ke jamsostek di gatsu buat klaim JHT saya, tp ternyata pelayanan dr CSO nya bener2 nyebelin….alias ga ramah n ga ada senyumnya sama skali!!! Dan yg paling nyebelin lagi, saya ga bisa urus klaim di gatot subroto tp saya harus mengurus klaimnya ke tempat saya terdaftar sbg peserta yaitu di rawamangun, padahal saya sdh konfirmasi via telpon yg katanya bisa online dimana saja. Saya kecewa banget dgn jamsostek. Capppeeee Deeee… thank you.

By Dessy on Oct 3, 2007

10. Saya mau ngurus jamsostek istri, bisa di wakilkan gak yaa…
dengan pengalaman pernah ngurus sim sendiri, dari sim c (10 kali bolak balik) sim b1 umum (3 kali) bolak balik, alasannya saya tidak punya uang banyak untuk nyogok, so kalo harus 2 kali bolak balik gak cape laahh…ini kan pelayanan masyarakat jadi dibutuhkan kesabaran karena berlaku hukum rimba.. siapa yang membutuhkan dan siapa yang dibutuhkan.. PEACE!!

By bayu on Oct 4, 2007

11. Kalo Kartu Peserta Jamsosteknya hilang bagaimana ya..? ada yang bisa bantu gak..?

By gita on Oct 9, 2007

12. Saya bermaksud untuk mengambil dana JHT dari perusahaan sebelumnya, sayangnya kartu jamsostek saya hilang.
Sayangnya lagi, ternyata perusahaan tempat saya bekerja sebelumnya tidak mempunyai data base nomer kartu saya. Apa yang harus/bisa saya lakukan untuk mengurus dana JHT tersebut?
Mohon info, mungkin sudah pernah ada yang mengalami hal serupa?

Terima kasih,

By Rini on Oct 24, 2007

13. Saya pernah mengalami hal yg sama, kartu jamsostek saya hilang, tetapi saya masih punya lembaran kertas yg diberikan tiap tahun oleh jamsostek, jadi kertas tsb bs saya gunakan sebagai bukti kepesertaan jamsostek, dan dana tersebut cair hanya dalam 2 hari.

By kiky on Nov 15, 2007

14. bisa diwakilkan sama istri ga ya?thx

By innasa on Dec 9, 2007

15. DUh..susahnya telp ke Jamsostek
1. Buka websitenya susah amat
2. Semua kantor tidak tercantum, hanya Jamsostek Gatsu
3. Telponnya engga diupdate, tyt telp yg dicantumkan telpnya IAG
4. Ketika di telp ke nomer yg lain, tyt responnya lamaaaaa bgt.

By Ozzy on Dec 13, 2007

16. saya merupakan pegawai PT.Bank Mandiri (Persero) Tbk sejak thn 2003 saya masuk NIP 0379198047, sudah hampir 5 tahun gaji saya dipotong iuran jamsostek, namun hingga sekarang kartuku belum ada.saya sudah mengkonfirmasikan kepada pegawai HR yg mengurus, nampaknya kartuku termasuk yg hilang diantara ribuan karyawan mandiri.bahkan laporan tahunan pun saya blm terima.mhn bantuannya pak?saya benar2 butuh info nih.tks

By Diah Eppa Amaranthi on Dec 18, 2007

17. bos, mohon pencerahan…. menurut pengalaman bos, cair klaim jamsostek berapa lama ya….. Terima kasih. mohon reply ke email saya ya bos…

By TAofik on Dec 26, 2007

18. JAMSOSTEK dari dulu ampe sekarang ampe tahun depan, ampe selama-lamanya memang tetap brengsek !!!!

lihat tuh sekarang…
Katanya ada penerimaan cpns tahun 2007..
kerjasama ama LPT-UI…
harus registrasi dulu lewat internet sebelum daftar…
ehh ampe hari terakhir situsnya ga bisa-bisa dibuka.

BRENGSEK KAN???

PERMAINAN !!!

Ga usa aja buka lowongan sekalian.

malas gua !!!

Padahal sebagai seorang karyawan swasta, tiap bulan tanpa saya minta dan tanpa saya setujui sekian persen dari gaji saya disetor ke kas jamsostek sialan itu…

JAMSOSTEK brengsek !!!

By ebert on Dec 28, 2007

19. Saya pergi ngurusin JAMSOSTEK pusat cabang Medan pada tanggal 27 Desember 2007 setelah harus nunggu 6 bulan pertama. kemudian setelah mengurus kembali 27 Desember 2007 kemaren harus menunggu lagi 2 minggu, toh sampai sekarang juga belum ada kabar nya, di telepon ke kantor nya nggak ada yang ngangkat phone nya…memang susah berurusan dengan pihak oknum Jamsostek.

By Maridi on Jan 7, 2008

20. Kalau tidak ada surat resign bisa ga ya? yang ada surat rekomendasi dari perusahaan. thanks

By Merry on Jan 8, 2008

21. @Diah
Kalau hal itu sebaiknya di konfirm ke bagian HRD. Setidaknya ada Surat Keterangan dari HRD yang bisa dibawa ke Jamsostek.

@Taofik
Untuk saya seh cairnya sekitar 2 minggu

@ebert
Kalau soal pemotongan itu bukan kesalahan Jamsostek pak. Kadangkala ada juga perusahaan yang nakal tetap memotong iuran Jamsostek tapi sebenarnya tidak disetorkan ke Jamsostek. Kebetulan ada rekan yang mengalaminya

@Merry
Harus ada surat keterangan tidak bekerja lagi dari perusahaan bu. Bila tidak maka tidak akan bisa mencairkan

By donie on Jan 8, 2008

22. Tanya donk om..kalo terdaftarnya di Bdg trus mau cairin di Jkt bs ga ya??trus ktp pd wktu terdaftar pake ktp bdg..sekarang sy sdh ngga pgng ktp bdg sdh sy ganti jd ktp jkt..
apa jd mslh ga om??
awal thn kepesertaan aku des 2003 kalo mau di cairkan januari 2008 ini apakah sdh bisa??
Makasih sblmnya…

By Jie on Jan 9, 2008

23. Saya pernah mo klaim jpk ke jamsostek, tp susahnya minta ampun….ampun.

By Sastra on Jan 29, 2008

24. @Jie
Secara teoritis bila anda masih memiliki kartu kepesertaan Jamsostek itu tidak masalah

@Sastra
Agar gampang, cari tahu di Jamsostek mana perusahaan membuka JPK. Lalu tidak lupa siapkan semua persyaratan terlebih dahulu.

By donie on Jan 31, 2008

25. saya terdaftar sebagai peserta jamsostek sejak 1999, nah sekarang ingin nyairin dana yg ngendon di jamsostek tapi saya belum resign dari perusahaan saya.. kira-kira bisa nggak ya .?? , Salam Hangat, Eka Budi

By eka.budi on Feb 25, 2008

26. Akhir Okt 2006 sy ambil jht di jamsostek cab gambir, tempat perusahaan saya dulu bekerja terdaftar. Saya isi segala macam form yang dibutuhkan kmd menyerahkan kopi dokumen yg diperlukan (tdk diperlukan surat berhenti kerja tuh cuma kasih tunjuk surat rekomendasi dr ex bos), disuruh nunggu kurleb 2,5 jam, nama dipanggil & lgs terima cash selesai saat itu jg. Gampang… Cuma hr ini barusan tlp ke jams cab. gambir nanya apa jams suami bisa diwakilkan katanya ga bisa, kartu jams hilang tp fotokopi ada, teteup harus lapor polisi, malaz deh..

By livtic on Feb 25, 2008

27. Kalo baru 4 tahun terus resign bisa keluar ngga ya? Terus yang harus nunggu 6 bulan apa maksudnya ya? Thanks

By Andy on Feb 25, 2008

28. @eka.budi
secara peraturan kayaknya gak bisa pak. salah satu persyaratannya adalah surat keterangan sudah berhenti bekerja atau seperti livtic punya yaitu surat rekomendasi sudah tidak bekerja lagi

@livtic
betul tuh, kartu jamsostek itu penting banget. kalau hilang repot banget deh

@Andy
bisa Pak Andy, tapi harus tunggu masa keanggotaan hingga 5 tahun dulu. berarti kira-kira tahun depan lah. Nah kalau anda keluar sekarang berarti sudah tidak perlu lagi nunggu 6 bulan, karena tahun depan sudah lewat dari 6 bulan.

By donie on Feb 26, 2008

29. Kebetulan saya juga 2 tahun lalu mencairkan jamsostek saya.

Saya ikut Jamsostek cabang Bali. Kebetulan perusahaan pindah ke jakarta, jadi ikut juga.
Nah di jakarta ini saya diikutkan sebagai anggota baru.
Jadi keanggotaan yang lama saya tutup. (syaratnya 5 th keanggotaan + 6 bulan setelah resign). Saya dapat surat keterangan resign dari perusahaan (dianggap pindahan dari bali adalah resign walaupun saya masih di kantor yang sama).

Prosesnya gak susah, dan cukup dilakukan di kantor jamsostek terdekat (tempat saya di BSD) tidak perlu ke tempat kita membuka keanggotaan. Yang penting syarat yang diminta harus lengkap. Waktu itu gak sampe 10 menit dah langsung saya tinggal pulang.

Proses 1-2 minggu itu karena mereka harus mengurus ke Bali terlebih dahulu dan saya minta untuk di transfer.
Alhamdulillah gak ada masalah.

Salam,

EKO

By Eko on Feb 26, 2008

30. Kenapa mesti harus jadi anggota minimum 5 tahun sebelum kita boleh mencairkan JHT? masih harus ditambah lagi 6 bulan. Padahal kita sudah di PHK dan benar-2 jadi penganggur.

By kontrakwan on Mar 10, 2008

31. Ada yg bisa bantu ? Saya sudah resign dari perusahaan lama , dan skrg sudah bekerja di perusahaan baru. Masa kepersertaan JAMSOSTEK sudah mencapai 5 tahun + 6 bulan masa tunggu , apakah bisa dicairkan JAMSOSTEK dari perusahaan terdahulu ? TAPI …. waktu masuk di perusahaan baru saya terlanjur bilang mau diteruskan .. ( Dan baru akhir - akhir ini saya tau harusnya jangan dilanjutkan … ) …. apakah ada yg pernah mengalami hal serupa ? Terima kasih.

By Ria on Mar 26, 2008

32. ampun deh jamsostek…
susah dihubungi, pas ke ktrnya pada ga ada org istirahat massal mkn siang,
kan jasa pelayanan mestinya ada yg standby dunk…
di telp susah masuk, ada aja alasan buat tdk melayani, masa udah angkat telp tp disuruh telp lg ntar, trus telp lg disuruh lsg ke ktr jamsostek????
pdhl saya udah kesana tp gak ada orang nyebelin kan? gak ada alasan buat ninggalin ktr rame2 apapun masalahnya harus ada yg standby, kl smua BUMN Jamsostek begitu kacaulah dunia !!
kl ada yg blg jmsostek brengsek….ada bnrnya juga kok

By NY on Apr 2, 2008

33. Friends,

Minta bantuannya donk.
Keanggotaan jamsostek gw dah lbh dr 5 thn dan gw dah resigned + bulan mei ini dah 6 bln masa tunggu.
Nah rencananya bulan depan gw mo klaim ke jamsostek tp salah satu syaratnya kan disebutib mesti kasih surat pernyataan belum kerja lagi bener gak sih ?

Soalnya gw dah kerja lagi sebulan yg lalu dan kantor gw yg baru juga dah daftar baru untuk jaamsostek gw. Jadi kira2x gw bisa klaim gak yah jamsostek gw yg lama ?

Kalo sampe gak bisa kelewatan banget secara itu duit kita kan n gw butuh buat keperluan keluarga.

By ends on May 7, 2008

34. Gak masalah pak. Saya kemarin waktu mencairkan statusnya juga masih bekerja. Nanti anda disodorkan surat pernyataan masih tidak bekerja. Cukup tanda tangani saja surat itu.

By Donie on May 9, 2008

35. bisa aja kok asal persyaratan dilengkapi (liat di http://www.jamsostek.co.id)

By gimblot on May 19, 2008

36. saya kerja mulai thn 2004, habis kontrak 2006. kerja lagi tahun 2007 sampe skrg, jamsostek di kantor lama diperpanjang di kantor br, tp kenapa saldo yg muncul cuma keanggotaan di ktr baru aja ya, yg tahun 2007 ampe skrg, saya konfirm ke jamsostek lokal (sby) katanya gak onlen, masak kudu konfirm ke jkt ?? yg saya tanyain, kemana saldo 2004-2007 saya ?? ada yg bisa bantu gak ? TQ b4..

By alea on May 29, 2008

37. Saya telah dua tahun menjadi anggota dan resign dari perusahaan 2 bulan lalu.bisakah saya mengajukan klaim jamsostek?tolong ya bos

By Budi on Jun 11, 2008

38. pd tahun 1999 - 2000 saya pernah terdftar menjadi keanggotaan jamsostek diperusahaan pertama sy bekerja, kemudian saya berhenti bekerja krn habis kontrak (surat referensi nya skg sudah hilang)
dan saya bekerja kembali diperushn ke-2 tahun 2007-2008, karena kartu KPJ saya hilang sdh lama tidak pernah dipakai, akhirnya saya kembali didaftarkan menjadi keanggotaan baru..diperush tsb. setelah 1 tahun saya kemudian resign dan pindah lagi bekerja.. diperushn tsb saya saya mendapatkan rekap saldo jamsostek selama 1thn saya bekerja..dan surat referensi kerja.
dan saat ini KPJ saya yang LAMA sudah saya temukan, tapi rekap Saldonya tidak ada.

pertanyaan saya… bisakah saya mencairkan ke-2 KPJ saldo jamsostek saya? karena menurut keanggotaan saya telah terdaftar sejak bekerja di perushn ke-1 (thn 1999 ) karena ke 2 kartu KPJ tsb sudah ada.

demikian.. mohon penejelasannya, terima kasih ats segala bantuannya.

By johar on Jun 30, 2008

39. ga’ nyangka aja ternyata rakyat indonesia yg katanya pinter2 masih ga’ ngerti akan manfaat jamsostek,,,
ada yg bilang jamsostek brengsek (seakan2 dirinya sempurna),,,
ada yg bilang itu kan duit gw mo diambil kok pake syarat,,,
ada yg bilang setiap bulan harus setor ke kas jamsostek dll…..
sebenernya dana yg disetorkan perusahaan Anda bukan ke kas Jamsostek, tapi ke rekening Anda sendiri yang setiap bulannya akan dapet bunga TANPA POTONGAN seperti di bank,,,
Anda sadar ga’ klo sesuangguhnya lewat jamsostek Anda dapet kenaikan gaji 3,7 % dari perusahaan Anda yg lgsg masuk ke rekening Jamsostek Anda,,,,,
Dana yg ada di Jamsostek pengembangannya balik ke Anda2 juga kok, lewat bunga, bantuan beasiswa, pinjaman modal kerja, bantuan ambulance dll….

Yang patut disayangkan adalah pemerintah masih minta deviden dari jamsostek, padahal klo mo semua laba yg didapet buat peserta mudah2an bunganya bisa lebih gede,,, trus lebih banyak fasilitas yg bisa kia dapetin dari jamsostek,,,,
Mungkin kita harus lbh sadar klo JAminan hari Tua itu utk kita klo ga’ produktif lg,,,
Okey sekarang Anda butuh duit & menganggap jamsostek brengsek karena ‘mempersulit’ Anda mencairkan uang Anda sendiri, tapi sadarkan Anda klo kita ga’ pernah tau betapa negara ini membutuhkan Jaminan Sosial dan bukan Asuransi,,,,

Emang seh ada aja oknum jamsostek yg nakal & sikapnya kurang ok, tapi saya yakin klo kita datang dgn positif thinking kita pun akan pulang dengan positif feeling,,,
salam…

By sari on Jun 30, 2008

40. Terimakasih bu sari yang telah memberikan comment nya untuk kita semua. Sebagai peserta jamsostek saya juga memahami kekecewaan rekan2 yang menulis comment nya yang rada2 sadis, vulgar dan tidak tertata rapi. Tapi setidaknya ketika teman2 membaca komentar bu sari maupun mas donni diatas, rekan2 akan memahami bahwa PT. Jamsostek (Persero) benar2 menganggap rekan2 sebagai customer yang berharga. Dengan memahami aturan2 main dalam pengambilan klaim JHT moga2 rekan2 peserta paham akan manfaatnya program jamsostek. hidup bung donni dan bu sari….

By ebenezer daniel on Jul 3, 2008

41. @johar
Seharusnya bisa pak. Coba saja datang ke Jamsostek terdekat dan bicara dengan customer servicenya. Karena C/S adalah manusia juga yang punya batas kesabaran, datanglah di pagi hari dan saat tidak banyak antrian (misal di akhir bulan).

By donie on Jul 16, 2008

42. Dan benar seperti yang dikatan Bu Sari, secara tidak langsung dengan ikut Jamsostek berarti gaji anda akan naik 3.7% per bulan dengan anda harus bayar hanya 2%.
Di Malaysia sini, nilai preminya adalah 11%. Tapi perusahaan harus bayar 13%. Sehingga total kita punya tabungan wajib bulanan sebesar 24%. Sehingga benefitnya terasa sekali saat dicairkan.

By donie on Jul 16, 2008

43. Dear All,

tolong pertanyaan ini dijawab donk..
nomor telepon jamsostek cabang gambir yang masih aktif rapa ya??karena untuk nomor telepon jamsostek cabang gambir TIDAK TERDAFTAR DI 108 (yang notabene seharusnya JAMSOSTEK sudah mendaftarkan NOMOR TELEPONNYA DI 108)

aneh bin ajaib..

katanya jamsostek buat masyarakat Indonesia dan masyarakat Indonesia bisa merasakan manfaat dari JAMSOSTEK, namun daftar diri lengkap alamat JAMSOSTEK aja ngak ada..GIMANA kita BISA MERASAKAN MANFAAT YANG DI UMBAR-UMBAR OLEH JAMSOSTEK….

MUDAH-MUDAHAN JAMSOSTEK MEMANG BISA DIRASAKAN MANFAATNYA OLEH MASYARAKAT INDONESIA SELURUHNYA, BUKAN OLEH SEGELINTIR ORANG YANG BERDASI TAPI MENGATAS NAMAKAN MASYARAKAT INDONESIA..

HORASSS!!!

By novi on Jul 18, 2008

44. ambil dulu ah jht-nya…

By strato on Jul 22, 2008

45. utk klaim JHT jamsostek bisa diwakilkan ga sih?

By egi on Aug 12, 2008

46. saya ingin merepeat beberapa pertanyaan teman2 yang belum sempat terjawab.
Mengapa harus 5 tahun ?
dan mengapa harus menunggu 6 bulan.
apakah uang iuran yang hanya selama 4 tahun 11 bulan akan hangus dan menjadi milik jamsostek ?
atau kah ada penjelasan lain ?
terima kasih.

By sobat on Aug 14, 2008

47. @novi
Wah.. pak novi kok maen menyalahkan golongan berdasi yak?? Yang golongan berdasi malahan gak pake Jamsostek pak.. mereka lebih senang main di yang besar, ngapain main yg cuman nabung 5% perbulan???
Sepanjang pengetahuan saya, kebanyakan orang bermasalah dengan Jamsostek karena persyaratan yang mereka bawa tidak lengkap atau memang belum waktunya mencairkan JHT (Jaminan Hari Tua atau Pensiun) tapi memaksakan diri mencairkannya.

@egi
Bisa pak, cukup disertakan surat keterangan saja dan jangan lupa diberi materai

@sobat
Mohon dibedakan pak, yang menunggu 5 tahun dan 6 bulan itu adalah JHT karena itu kan sebenarnya untuk pensiun. Jamsostek tidak hanya JHT, bila anda kecelakanan atau meninggal maka itu bisa diklaim secepatnya.
Uang iuran tidak akan hilang selama kartu Jamsostek anda tidak hilang. Samalah kasusnya dengan bila anda ingin mengambil uang di bank namun buku tabungan dan kartu ATM anda tidak ada maka bank pasti akan menolak anda. Saya sendiri mengambil JHT setelah lebih dari 2.5 tahun tidak ada premi yang saya bayar.

By donie on Aug 20, 2008

48. Tanya dong pak.
Saya Mulai bekerja pd bulan Okt’ 2003, dan sudah resign pada bulan Nov’2007 (4thn), saya ingin mencairkan dana tsbt, apakah saya harus menunggu sampai keanggotaan 5 thn, yaitu dibulan okt 2008? ato saya sudah dapat mencairkanya sekarang krn skrg sudah 6 bulan setelah saya resign.

Thanks

By Moetia on Aug 29, 2008

49. dasar jamsostek gk p unya kredibilitas susahhhhhhhhhhhhh……. banget

By zayful on Sep 6, 2008

50. hmmm, mcm2 y cmmntnya…
aq kmrn2 n magang d JSTk, diperbantukan utk CSO. trnyata jauh dr bygn. dulu kbyg jg kalo JSTK tu byk main2 curabgnya jg. trnyata pas dh ‘msk’ k sana baru tau gmn2nya. kalo masalah persyaratan ADM emg mau g mau hrs dipenuhi, trus tinggal nunggu diproses, plg lama 2 jam(kalo jaringan ga rusak yiaaaa. tp ditempat aq, g menyediakan uang tunai. jd di cairkan k bank (MANDIRI) yg lokasinya g jauh dari sana. kalo masalah saldo yg g muncul, kemungkinan bag TI nya blm mengimputnya, tr tggal lapor, langsung diprintkan yg dah pakai saldo terbaru. kalo g juga, bs jd pusahaannya yg nunggak, ato g byr sama sekali.
Kalo masalah penerimaan, emg langsung kantor pusat (JKT) yang mengkoordinir. it emg krjasama dgn lembaga tertentu. penerimaannya murni kok. waktu aq msk sana, kbetukan jg ada karyawan yg baru masuk. baru ditempatkan gt. ktnya, murni!dia nunggu ampe diklatnya, prosesnya seleksi, ujian dan segala macamya it, makan waktu 6 bln dah.
so g usah curigation dah kalo perusahaan mendaftarkan k jamsostek. kalo kita paham prosedur, dan lain2nya, kerasa kok manfaatnya. pl2 gaji dipotong cm 2%-5% utk satu jenis jaminan. tapi manfaatnya byk2 %, he2heeh

By andin_lvg on Sep 7, 2008

51. @Moetia
secara resminya begitu, tapi anda bisa coba dengan meminta surat keterangan sudah berhenti dari perusahaan lama

@andin_lvg
begitulah mas. semua orang ingin haknya diutamakan sementara kewajibannya tidak dipenuhi :)

By donie on Sep 9, 2008

52. Tanya dong pak.
saya bekerja di perusahan lama selama 4thn berakhir dec’07, sampai saat ini saya belum dpt pekerjaan baru, apakah saya bs mencairkan dana tersebut? kira2 kapan bulan yg tepat utk mencairkan dana jamsostek saya

trims

By nadine on Sep 12, 2008

53. @nadine
seharusnya sudah bisa mbak. hitungannya berarti anda sudah lima tahun pada tahun ini.
untuk amannya, anda coba minta di bulan oktober 2008 atau januari 2009. karena bulan september atau desember besok pasti akan banyak orang yang klaim karena hari raya

By donie on Sep 16, 2008

54. kalo kartu keluarganya gak bawa bisa gak, coz kknya ditinggal disurabaya.sekarang aku dijakarta, tapi punya fotocopyannya.

By asih on Sep 16, 2008

55. @asih
tergantung apakah saat anda ke jamsostek anda bertemu dengan frontliner yang baik hati atau tetap stick ke rule. Bila bertemu dengan yang stick ke rule maka siap-siap ditolak.

By donie on Sep 16, 2008

56. kalo..kartu gua hilang kecopetan !!, bisa pake surat keterangan hilang dari kepolisian egk?? gua tau nomor keanggotaannya….kira2 bisa di klaim egk ya?? please ada yg punya pengalaman kaya gitu egk??

By hendro on Sep 29, 2008

57. Pak mau tanya, saya mau cairin JHT saya kebutulan saya jadi peserta jamsostek sejak tahun 2000 di PT. A pertengahan 2006 saya cairin JHT saya pada saat yang sama saya gabung diperusahaan baru katakanlah PT.B, akhir Feb 2008 saya resign dari PT.B, dan sekaarng apakah saya bisa cairin lagi JHT saya dari PT. B, berhbung masa tunggu 6 bulan telah telewati, yang jadi pertanyaan kata orang jamsostek saya harus nunggu 5 tahun lagi karena masa keprsetaan saya dari 0 lagi, karena dah pernah caiirin di pertengahan tahun 2006, mohon masukkannya

By Iwan on Oct 7, 2008

58. @hendro
Mungkin bisa pak. Tapi pertama mungkin minta diganti kartu keanggotaannya di cabang penerbitan. Tentu dengan melampirkan laporan polisi tersebut.

@Iwan
Betul seperti yang dikatakan orang Jamsostek. Karena kepesertaan anda tidak dilanjutkan dari PT A (anda mencairkannya) maka waktu kepesertaan anda mulai lagi dari nol saat didaftarkan oleh PT B. Sehingga anda baru bisa mencairkan sekitar tahun 2011.

By dony on Oct 8, 2008

59. Kalau ada masukan buat saya … saya telah resign dari pekerjaan saya ,,, sebelum saya resign saya memiliki pinjaman pada salah satu bank yg satu grup dengan parusahaan saya ,,, sebelum saya mengundurkan diri ,,, saya sudah dapat masukan bahwa

“”"pinjaman saya adalah tgungjawab saya & tdk ada hubungan dengan perusahaan “”" oleh karena itu saya membuat pernyataan resign dan tetap akan mencicil pinjaman saya pada bank seperti biasa …

,,,, tapi setelah saya resign semua aset saya diambil oleh bank tersebut dan perusahaan saya manut2 saja karena kalah pengaruh dalam grup … saya keluar tanpa bawa sepeser pun sampai gaji akhir saya … masih ada sisa pinjaman yg belum saya lunasi sampai saat ini karena hal tersebut… and hrd tidak mau mengeluarkan surat resign saya untuk klaim jamsostek ….
please masukannya

By Vonie on Oct 16, 2008

60. mbak Vonie,
agak berat juga ya masalah anda. tapi memang perusahaan biasanya memberikan pinjaman murah ke karyawan `untuk` menahan agar si karyawan tidak bisa pindah.
saran saya, coba kontak Jamsostek dan tanyakan berapa nilai JHT anda. Bila mencukupi untuk melunasi hutang anda, segera hubungi si hrd dan yakinkan dia dengan menandatangi surat diatas materai bahwa anda membutuhkan surat resign untuk keperluan pengambilan jamsostek agar bisa melunasi sisa hutang anda.
semoga masalah anda lekas terselesaikan

By dony on Oct 16, 2008

61. Saya kecewa sekali dgn Jamsostek Cabang Rawamangun, cerita begini :
Pd tgl 3/11/2008 jatuh tempo pengambilan JHT saya sudah bisa dicairkan, lalu pagi2 saya ke Kantor Jamsostek Pusat Gatot Subroto (Kan dah bs online/katanya), ternyata dana Jamsostek sy msh krng 1 bln blm diproses oleh cabang Rawamangun (Kantor yang mendaftar keanggotaan disana).
Dari Kantor pusat menyuruh saya untuk ke cabang Rawamangun agar bs diproses 1 blnnya (lumayan sebesar Rp 58.000,/itu menurut data print out oleh Jamsostek Gatot Subroto).
Setelah sampai di Cabang Rawamangun, saya mengantri dari Jam 10.00 pagi, baru dapat ke bagian jam 3 sore (dikarenakan pelayanan Cabang Rawamangun yang slebor/wong yang nunggu banyak ada yang main selak, dilayanin lg oleh csnya).
Terus dah di cs, katanya saldonya memang blm diproses 1 bln oleh Jamsostek, kalo mau menunggu diproses dengan memberikan no.telp saya, katanya nanti dihubungi oleh Jamsostek.
Menurut saya, waktu menunggu 7 bulan belum cukup untuk memproses (benar2 perusahaan yang tdk bertanggung jawab, wong kita mengambil hak kita kok dipersulit). Terpaksa saya ambil jg saldo yang diberitahukan dari Kantor Pusat Jamsostek Gatot Subroto, tetapi tdk bisa diambil hari itu jg saya harus kembali lagi 3 hari lagi dikarenakan mereka duitnya sudah dijatahin, saya dapat jatah 3 hari lg.
Saya kecewa sekali dengan pelayanan Jamsostek, saya ikhlaskan JHT saya yang 1 bulan untuk dimakan oleh karyawan2 Kantor Jamsostek.
Maaf ya cerita begini, soalnya saya kecewa bangeeeeeet.

By Sudarmono on Nov 4, 2008

62. ternyata benar, kalau di akhir bulan mungkin sudah santai untuk karyawan JAMSOSTEK. baru saja saya coba telp ke kantor JAMSOSTEK Bandung II yg berada di jalan BKR Bandung, ternyata memang ramah, dan memberi info bisa dicairkan dimana saja karena sudah online, dan info lagi pelayanan hanya sampai jam 2, tetapi karyawan tetap ada sampai jam 5 sore.

By christ on Nov 27, 2008

63. Kalau dilihat dari pengalaman teman-teman dan pengalaman pribadi, saya melihat bahwa pelayanan dari Jamsostek sudah lebih baik (bahkan Satpam di Front Office pun bisa melayani dengan baik). Hanya saja, informasi yang dibutuhkan oleh para peserta tidak/belum sampai dengan baik dan merata. Misal: jika mau mencairkan dana Jamsostek, dokumen apa saja yang dibuthkan dan jika ditransfer ke rekening bank harus melampirkan fotocopy no. rek buku tabungan / jika mau ambil tunai diproses dalam waktu x hari / prosedur pencairan antar cabang / prosedur klaim bilamana diajukan oleh ahli waris / dsb..
Saya salut dengan adanya situs blog ini, jadi kita bisa saling sharing dan berbagi informasi. Namun mengapa situs Jamsostek sendiri tidak memberikan service yang baik - bahkan tidak bisa dibuka ya?? Khan jika ada informasi apapun atau kebijakan/promosi dari Jamsostek akan dapat diakses oleh masyarakat luas (apalagi para pekerja diwajibkan untuk mengikuti Asuransi Sosial/Jamsostek; yang artinya populasi pelanggan/peserta sangat banyak).
Sangat bisa dipahami jika ada beberapa rekan2 yang kesal..mungkin saja karena kebutuhan akan informasi belum didapatkan dengan baik/karena faktor sosialisasi tidak merata.
Syukurlah bagi kita-kita yang bisa dan mau ber-inisiatif mencari informasi di internet (dan syukur masih ada yang komplain ;p, karena sebenarnya orang komplain tidak selalu jelek namun bisa menjadi masukkan bagi perusahaan; apalagi komplain di situs blogging, jadi yang lain bisa belajar dari pengalaman tsb). Namun..bagaimana cara sosialisasi (secara Konsisten dan Persisten) dari Jamsostek bagi yang tidak bisa berinternet ria atau bahkan pegang komputer saja pun tidak pernah ;p? Sosialisasi ke perusahaan atau memberikan Buku Pedoman? I don’t think so…

By Djojo on Dec 17, 2008

64. mungkin saya termasuk orang yang ” beruntung ” berurusan dengan JAMSOSTEK,datang ke kantor JAMSOSTEK cabang rawamangun pagi langsung serahin 2 kartu jamsostek, 1 dari perusahaan A dgn jangka waktu 6 tahun setelah resign, 1 dari perusahaan B dengan jangka waktu 4 tahun 6 bln setelah resign, minta dibayar cash…..
siang habis ngisi perut,langsung keluar dari kantor JAMSOSTEK bawa duit,
Ko cepet banget ya…
ternyata kata mba’nya JAMSOSTEK kalo kita datang ngurusnya pagi dengan berkas2 yang lengkap, dan mengambil duitnya dikantor cabang pembuka, dana bisa cair dihari yang sama kita klaim…….duh senangnya.

By inoe on Dec 19, 2008

65. ada yang bisa bantu??? no telp kantor Jamsostek Cab Gatot Subroto berapa ya???

dan cabang Cikarang ??

thanx

By didi on Jan 4, 2009

66. nanya dong….
suamiku meninggal bulan agustus kmrn, dan dia pernah ikut kepesertaan jamsostekdi sebuah perusahaan selama setaun, tapi sewaktu meninggal dia sudah pindah ke instansi pemrnth, dan di situ otomatis dia tdk melanjutkan kepesertannya dan itu berjalan sdh 1 tahun,
mohon bantuannnya, bisa gak saldo suami saya dicairkan, trus gmn caranya??

makasih…..

By riska on Jan 12, 2009

67. pak aku mo tanya kemarin hari senin tgl 12 januari 2009 aku bermaksud ingin klaim jht di slah st cbg trdkt tetapi,kata cso nya klaim tdk dpt dicairkan ada data yang tdk sambung dari th sekian smp th sekian dan menurut CSO nya aku harus ke jamsostek tempat dimana data aku awalnya terdaftar ( tangerang 1 )sblm jm 8 pg……..aku smp di tangerang 1 agak telat dikarenakan banjir dan mct so…aku hanya bisa knfrmsi mengenai data yang tidak sambung tersebut menurut mereka data aku sambung semua dan bisa dicairkan dicabang mana saja tanpa hrs jauh2 ke tangerang 1.ini sebenarnya gmn sich mohon konfirmasinya segera terima kasih

By ayu on Jan 14, 2009

68. @riska

seseorang yang keluar kepesertaan jamsostek masih tetap dilindungi JKM (jaminan kematian) selama 6 bulan sejak masa keluar.
coba tanyakan ke cabang terdekat mengenai kepesertaan dan saldo jht nya…
kalo mau cepat pagi hari sekali atau kalo mau tanya informasi sebaiknya sore harinya,maksudnya biar leluasa gitu ga ngantri..

@ ayu
sebenarnya yang salah CSO nya karna ga perlu tenaga kerja ngurus ke cabang awal tempat bekerja…bayangin aja kalo cabang awal di papua sono :
biasanya saldo ga nyambung akibat perpindahan dari offline ke online…sekarang jamsostek online bu :)
sebaiknya ibu konfirmasi lagi ke jamsostek terdekat…kalo bisa ke kepala bidang pelayanan langsung

By irawan on Jan 20, 2009

69. permisi, mau informasi dunk !!!
saya resign dari perusahaan bulan sept 2008 kira2 kapan bisa mencairkan jht saya, awal kepesertaan saya tahun april 2002. Apa harus menunggu lagi, berapa lama ya ?? apa harus menunggu 5-6 bulan lagi ??
ps : kepada pihak berwenang tanpa mengurangi rasa hormat ada baiknya kalau persyaratan (kepesertaan 5 tahun)bagi pekerja yang telah keluar/resign/phk dari sebuah perusahaan ditinjau kembali terlebih dimasa sulit(perekonomian) sekarang ini dan banyaknya pengurangan tenaga kerja di banyak perusahaan.
terimakasih

nurmanc

By nurman on Jan 22, 2009

70. @mas nurman

kalo kepesertaan april 2002,berarti dah 5 taon lebih…
Tapi mas nurman baru bisa ngambil 6 bulan kemudian alias bulan maret 2009

Mas coba tanyakan ke perusahaan dulu apakah sudah di non aktifkan dari jamsostek belum,soalnya kalo belum bisa2 molor lagi ngambilnya…atau bisa ditanyakan ke kantor jamsostek terdekat

Yah,namanya Jaminan Hari Tua mas kan ibaratnya kayak pensiun…bukan tabungan yang bisa diambil sewaktu waktu
Sabar aja bro…anggap aj harta terpendam :)

By irawan on Jan 23, 2009

71. Yth.

Apabila masa kerja 8 thn dan masa tunggu sdh 6 bulan, apakah yang akan dibayar adalah perhitungan 8thn penuh atau hanya 5thn pertama? alias 3thn nya hangus. Kalo iya lebih baik kita menunggu 2thn lagi, sehingga mencapai 10thn.
trus bagaimana juga apabila perusahaan asal tempat kita bekerja tidak mau memberikan surat keterangan apapun tanpa alasan apapun. Saya mengalami PHK sepihak dimana saya tidak mendapatkan apa2 termasuk kompensasi, surat ket, dll. setelah 8thn bekerja

By doddie on Jan 28, 2009

72. @ doddie

Bila masa kerja 8 tahun maka JHT nya juga dibayar 8 tahun full plus bunga selama 6 bulan, uang tenaga kerja tidak akan hangus dan selama belum diambil uangnya akan berbunga terus setiap bulannya…sampai tenaga kerja tersebut mengambilnya (tak terbatas waktu)

Untuk pengambilan JHT salah satu syaratnya surat keterangan keluar/pengalaman dari perusahaan…
Biasanya perusahaan tidak mau mengeluarkan surat pengalaman karena ada masalah dengan tenaga kerjanya, jika itu mentok saya sarankan mas doddie komplain ke disnaker setempat..biasanya mereka akan membantu kok

thanks dan semoga bermanfaat

By irawan on Jan 29, 2009

73. Terimakasih Pak Irawan.
Informasinya sangat berguna, perlu saya tambahkan juga, saat ini masa tunggu claim JHT tidak perlu 6 bulan, tetapi cukup 1 bulan saja.
Untuk komplain ke Disnaker secara resmi, apakah bapak ada email yang bisa dihubungi? atau saya harus mendatangi kantor Disnaker?

Salam

By doddie on Feb 3, 2009

74. edit:
Maksud saya emailnya Disnaker.

By doddie on Feb 3, 2009

75. O iya dink…maap…maap…direvisi 1 bulan,berhubung krisis global

Datang aja langsung ke disnaker setempat,biasanya kalo ada komplain tenaga kerja orang disnakernya baru gerak…

Untuk email ga ada,daripada surat atau email ga dibaca lebih baek langsung aja..

By irawan on Feb 4, 2009

76. Apa dikenai potongan PPh pas 21 Final 5% dari Total Claim? Mohon penjelasan

By Gatot Aristo Setiabudi on Feb 13, 2009

77. Pengalaman saya ikut Jamsostek, mungkin positif semua ya… selama ini belum pernah claim jamsostek di perusahaan kami terlambat, baik JKK, JHT hanya saja orang Indonesia ini lebih banyak mengeluh daripada bersyukurnya akibatnya yang di dapatpun hanya kekesalan saja, coba ikut semua procedure yang dibuatkan Jamsostek, pasti semua berjalan lancar. saya bekerja di perusahaan perkebunan yang notabene sering terjadi kecelakaan kerja disana dan ternyata belum pernah karyawan kami terlambat dapat claim Jamsostek, atau karyawan kami tercatat di Jamsostek Jambi, ternyata bisa juga mencairkan JHTnya di Riau, positif dalam berpikir maka hal positif yang kita dapat dan jangan lupa ikut syarat yang dibuat. Indonesia harus belajar bersabar.

By Rosintan on Feb 14, 2009

78. Dear All,
Saya juga mau pencerahannya donk..!
Saya mulai ikut Jamsostek Oktober 2004, terus Agustus 2008 resign dari perusahaan tempat saya bekerja, terus saat ini Februari 2009…kira2 dah bisa cair gak ya….? secara saya lagi nganguuuuuuuuuuur n pasti butuh makan juga donk…!

Salam….

By Hendrik on Feb 16, 2009

79. guyz, klo kartu jamsostek hilang masih bisa diurus ga? no.nya gw masih inget.. gimana donk ???

By elyas on Feb 17, 2009

80. buat rekan-rekan yang terkena phk atau resign dari tempat kerjanya ada informasi kalau masa tunggu setelah keluar dari pekerjaan dimajukan menjadi hanya 1 bulan. Saya baca informasinya via surat pembaca di koran kompas hari ini dari pejabat jamsostek dan berlaku mulai 12 januari 2009
terimakasih

By nurmanc on Feb 18, 2009

81. Kalau kartu jamsostek hilang gimana ya? kalau dari pengalaman rekan di atas, katanya bisa kalau ada punya lembaran rekening hijau yang dkasih tiap tahunnya. Betulan bisa ya? Niatnya aku mau urus kehilangannya nih, karena mau urus klaimnya. Khawatirnya nanti jadi masalah. Thanks sebelumnya.

By ryan on Feb 25, 2009

82. @ mas gatot
Untuk JHT yang diatas 25 juta kena 5% pph,jadi misal kita dapat JHT 45 juta berarti dikurangi PTKP 25 juta,baru dihitung pajaknya yaitu 20 juta dikali 5%
Lapisannya pajaknya berbeda beda sesuai pajak yang berlaku di indonesia

@ pak hendrik
Jika kepesertaan oktober 2004 dan anda berhenti agustus 2008 maka JHT pak Hendrik baru bisa diambil bulan Oktober 2009 alias 5 tahun sejak awal kepesertaan.

@ elyas dan ryan
Walaupun kartu jamsostek hilang tetep JHT masih bisa diurus,tinggal minta surat keterangan kehilangan dari kepolisian setempat aja kok

@nurmanc
Mas Nurmanc benar,untuk masa tunggu nggak lagi 6 bulan lagi melainkan 1 bulan aja.

By irawan on Feb 26, 2009

83. Mhn pencerahan, paklaring/surat PHK dr perusahaan untuk saya claim JHT jamsosteknya hilang, setelah ditelusuri Kantor tsb sdh tutup. Apakah dg surat keterangan hilang paklaring dr kepolisian bisa saya claim JHT Jamsostek? adapun kartu & doc pendukung lainnya tdk bermasalah/lengkap

Terima kasih sblmnya atas pencerahannya

By Reni S on Feb 26, 2009

84. @irawan
terima kasih ya mas atas bantuan informasinya bagi rekan-rekan lain.

@Reni
mbak, harusnya bisa. dicoba juga dengan menggunakan surat keterangan dari RT atau kelurahan bahwa anda sudah tidak bekerja selama 1 bulan terakhir.

By Dony on Mar 2, 2009

85. Pak Dony, terimakasih atas infonya, saya sdh tdk bekerja dr perusahaan tsb thn 1994 & sdh tutup pula perusahaannya. Sya cek di internet mungkin ada krn perusahaan tsb media/tabloid tapi tak ada jg bekasnya. Btw akan sy upayakan dulu bawa surat ket. hilang dr kantor polisi. atau kah adakah pencerahan dr rekan lainnya

By reni on Mar 3, 2009

86. @Reni
Semoga berhasil mbak. Dari tahun 1994 ke sekarang lumayan tuh uang yang ada di jamsostek

By Dony on Mar 4, 2009

87. Ada yg bisa bantu ga. Kartu jht saya namanya tidak sama di ktp.apa bisa diganti sesuai ktp.caranya gimana.masalahnya saya takut tidak bisa dicairkan.

By Rohmattulloh on Mar 6, 2009

88. Saya mohon pencerahan suami saya sudah 12thn ikut jht, tgl 16 April’08 resign, tp perusahaan msh membayar smp bln sep’08 apakah bulan maret’09 ini sudah bisa di cairkan?, terima kasih atas bantuannya

By yoshi on Mar 12, 2009

89. @ yoshi
Per januari 2009 masa tunggu JHT Jamsostek diubah dari 6 bulan menjadi 1 bulan aja,berarti JHT suami ibu Yoshi udah bisa diambil…jangan lupa syarat2 administrasinya ya

To all rekan2 yang kartu Jamsosteknya hilang,jangan kuatir tinggal minta surat kehilangan dari kepolisian setempat aja

Trus bagi yang mungkin surat keluar/berhenti dari perusahaan hilang atau emang ga dikasih/gak ada, anda bisa mencari segala bentuk surat atau apa ajalah yang membuktikan anda bekerja di perusahaan tersebut

Intinya semua bisa diselesaikan koq,baik itu KPJ hilang, salah nama di kartu, atau ga dapat surat berhenti.
Tinggal telepon atau datang langsung ke kantor Jamsostek terdekat

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

By irawan on Mar 12, 2009

90. aduh pa dodi dari cabng mana rajin pisan

By fasya salman al farizi on Mar 26, 2009

91. Pak/ibu, saya dikeluarkan dr tempat saya bekerja pd thn 2004 dikarenakan perusahaan pailit…

Saya ingin mencairkan jht saya.. tapi kartu jamsostek dan surat berhentinya telah hilang ..

Apakah bisa keduanya saya ganti dengan surat keterangan hilang dr kepolisian???

By fiar on Mar 26, 2009

92. pak/ibu.. kartu jamsostek saya hilang.. dan slip hijau yg diberikan tiap thn entah dimana.. apabila saya hendak mengklaim JHT saya, tuk mengganti kartu jamsostek itu diperlukan apa yah? sedang slip hijau itu jg ga ada. terima kasih.

By grace w. on Mar 31, 2009

93. Saya kemarin baru mencairkan JHT saya dari tahun 2002, dan alhamdulillah disuruh menunggu sekitar 1 minggu uangnya bisa ditransfer asalkan syarat2nya sudah terpenuhi, hari ini saya juga menguruskan istri saya dan alhamdulillah lancar2 saja, cuma antrinya saja yg luamaa banget. Bagi rekan2 yg mau nyirin JHT lebih baik lewat transfer bank saja karena lebih cepat prosesnya, kalau langsung cash bisa2 nginap di kantor jamsostek. Untuk rekan2 yg kehilangan kartu bisa dibuatkan lagi asalkan ada surat kehilangan dari kepolisian, untuk yg belum punya print out saldo terakhir bisa langsung ke bagian cek saldo dengan menunjukkan kartu jamsostek dan KTP asli, tapi ya harus antri dulu

By restu on Apr 2, 2009

94. Pak,
kalau masa waktu resign belum 6 bln tapi dr prshaan baru udh dbuat kartu jamsostek dengan account baru,bisa gak saldo kartu yang lama diambil?apakah syarat keterangan berhenti itu surat pengalaman kerja atau surat pemberhentian karyawan

By Andi on Apr 7, 2009

95. kalau jamsostek JPK bisa di rimbes ga ya???soalnya kemarin istri saya melahirkan ga terpakai kartu JPK-nya.klo bisa,berkas2 apa saja yang harus di bawa?????n tenggang waktunya brapa lama?? thanks sebelum dan sesudahnya.
NB:klo ada tolong di email ke yudhy@yahoo.com

By yudhy on Apr 19, 2009

96. edit:ke yudhy6@yahoo.com

By yudhy on Apr 19, 2009

97. @fiar,@grace
bila kartu jamsostek hilang bapak atau ibu tinggal bikin laporan kehilangan dari kepolisian dan isi surat keterangan kehilangan yang formnya sudah disediakan oleh PT jamsostek dan ditanda tangani oleh pihak HRD dan di cap perusahaan, bila perusahaan telah bangkrut form tersebut cukup diisi dan ditempel materai 6000 dan ditandatangani,trimakasih

By fasya jams bdg 2 on Apr 20, 2009

98. @andi
untuk klaim masa kepesertaan sudah 5 tahun dan sudah Non aktif alias keluar,masa tunggu skarang tidak lagi 6 bulan skarang masa tunggu hanya 1 bulan saja dari BLN NA yang didaftarkan perusahaan pada Jamsostek..
oia Vaklaring itu surat berhenti bekerja dari perusahaan..
thanks Jamsostek melayani sepenuh hati

By fasya jams bdg 2 on Apr 20, 2009

99. @fasya
Terima Kasih mbak atas bantuan jawabannya.

Menurut saya dan pengalaman pribadi, pencairan JHT jamsostek itu mudah sekali selama kita membawa semua persyaratan yang diperlukan. Tidak perlu menggunakan calo atau agen, datang sendiri untuk menikmati keseluruhan dana JHT kita.

By dony on Apr 21, 2009

100. Salam Sukses, Saya dahulu karyawan di perusahaan swasta dan terdaftar sebagai anggota jamsostek sejak Agustus tahun 2004. Dan mengundurkan diri dari perusahaan tersebut pada akhir 2005. Bisa kah saya mengklaim JHT setelah saya hitung masa keanggotan jamsostek sudah mencapai 5 tahun pada bulan agustus 2009 tanpa waktu menunggu 6 bulan lagi sesuai dengan peraturan yang ada? Mohon Jawabanya. Terima kasih

By Dony krishadi on Apr 22, 2009

101. @dony krishadi
bapa bisa klaim pada bulan agustus 2009 tanggal brapapun kecuali sabtu dan minggu bapa bisa klaim dikantor jamsostek mana saja yang terdekat dekat tempat tinggal anda, masa tunggu 6 bulan sudah tak berlaku skarang masa tunggu hanya 1 bulan saja,,

By fasya jamsostek bdg 2 on Apr 22, 2009

102. Ps: Apakah dana nya bisa langsung cair Setelah klaim jht pada bulan agustus 2009 hari itu juga?

By Dony krishadi on Apr 23, 2009

103. @donny K
bgini Pa kalo persyaratan sudah OK dan yang klaim tidak terlalu banyak itu kita bisa One Day Service tapi mengingat skarang ini banyak skali ya yang mngajukan Klaim tiap harinya ini bisa saja pembayaran di lakukan keesokan harinya tergantung kebijakan masing2 Kacab
Trimakasih
-jamsostek melayani sepenuh hati_

By fasya jamsostek bdg 2 on Apr 23, 2009

104. Pak, saya ikutan nanya ya…
Kalau pindah dari Indonesia Jamsosteknya bisa diambil gak? Meskipun masa keanggotaan kurang dari 5 th?

By Nata on May 11, 2009

105. Pak, kalau perhitungan saldo akhir tahunan ada yang tahu ga ya?? Soalnya jumlah yang disetor perbulan (5,7 %) nominalnya lebih kecil dari saldo akhir. Contoh:a=total iuran perusahaan 2008 b=total iuran pekerja 2008 c= total pengembangan 2008, total saldo 2008 =a+b+c misalnya 1,5 juta. tetapi ternyata saldo akhir hanya 1,2 jt. Ada yang bisa bantu ga ya???

By ferry on May 12, 2009

106. aq mau tanya nich, kalo peserta jht meninggal dunia persyaratan serta dokumen apa saja yang mesti dibawa dan bisa diwakilkan orang lain tidak penyerahan dokumen serta pengambilan uangnya thanks ditunggu jawabannya

By wahyu on May 15, 2009

107. Sama dengan pertanyaan Pak Ferry tgl 12 May 2009. Kenapa jumlah yg disetor lebih kecil dari saldo akhir Jamsostek ?

Tk

By Edo Simarmata on May 25, 2009

108. Saya pegawai outsource sebuah perush penerbitan, barusan ini saya cek keanggotaan saya di Jamsostek ternyata masa keanggotaan saya sdh di cut-off per Maret 2008 alias saya udah tdk aktif lagi bekerja, padahal smp skrg saya msh aktif bekerja. Yg saya tanyakan apk berarti selama setahun ini saya tdk menjadi anggota Jamsostek & bagaimana status saldo saya di jamsostek, & bisakah dg nama yg sama ada 2 noor account (barangkali saya didaftar dg account yg beda).
Thx

By Afriz on May 27, 2009

109. saya mau tny nh,semenjak jd anggota kepesertaan jamsostek saya tidak pernah mendapatkan kartu peserta selama 4 tahun pdhl saya pernah tanyakn k hrd tp jawabanya d tunggu aj mgkn nanti barengan sama peserta yg baru krn dtmpt sy bekerja system y kontrak tiap thn,ap bs mengurus kartu sendiri k kntr jamsostek?

By ihwan on May 27, 2009

110. Dear all,

Saya sudah bekerja 4 tahun 3 bulan dari Jan 2005 s/d Mar 2009. Apakah saya bisa cairkan JHT? Karena saya dengar sekarang bisa, dengan waktu tunggu 1 bulan, dan ada pernyataan belum bekerja kembali..

Please need advise. Thanks.

By William on May 28, 2009

111. @wahyu
yang utama bapa bawa surat kematian yang asli,bawa KTP dan KPJ almarhum ke jamsostek
tentu saja bisa diwakilkan nah yang jad wakil adalah ahli waris dan bapa harus mempunyai rekening supaya bapa tak repot untuk mengambil santunan berkala Thanks,,

By fasya jamsostek bdg 2 on May 29, 2009

112. @afriz

gini pa si perusahaan telah menonaktifakan bapa per maret 2008,,
karena bapak kerja di perusahaan outsourcing ini biasa terjadi,karena sering berpindah perusahaan,
bisa jadi maret 2008 bapa di pindah tugaskan ke perusahaan yang lain namun masi tetap dalam perusahaan outsource tersebut,bisa juga bapa abis kontrak per maret 2008 jadi siperusahaan mendaftarkan bapa keluar alias NA di perusahaan bapa kekerja maren ke jamsostek,tapi siperusahaan memperpanjang kontrak bapa si perusahaan mendaftarkan bapa sebagai karyawan baru ke jamsostek jadi besar kemungkinan bapa punya KPJ (kartu peserta JAmsostek 2)ini sangat mungkin terjadi, dan bila bapa masi bingung bisa saya bantu,bapa sebutkan nama lengkap dan tgl lahir, trims

By fasya jamsostek bdg 2 on May 29, 2009

113. @ihwan
4 tahun gak dapet KPJ kasus heheh
gini pa d jamsostek bila bapa terdaftar bulan april pasti di bulan TSBT bapa sudah dapet kartu,,bila bapa penasaran bapa bisa langsung datang ke kantor jamsostek yang mengurus perusahaan bapak,,bapa bisa tanyakan dengan bagian IT,insya allah bapak akan dilayani dengan sangat baik sehingga Jelas maksih

By fasya jamsostek bdg 2 on May 29, 2009

114. @william
gini pa,bapa lihat di KPJ bapak terdaftar sebaga peserta JAMSOSTEK BLN dan TAHUN berapa
misal disana tercatat 0105 ini berarti bapa terdaftar bulan 1 (januari) tahun 2005 dan bapak keluar maret thn 2009 karena ini belum mencapai 5 tahun bapak blum bisa mencairkan bapak bisa mencairkan pada BULAN 1 tahun 2010,setelah 5 tahun masa kepesertaan,,
bila masa kerja bapa lebih dari 5 taun misal
terdaftar 0105 keluar 0510,,,dan tercatat keluar di jamsostek bulan 5 tahun 2010,disini bapak harus menunggu 1 bulan dari pertanggal bapak non aktif,terima kasih

By fasya salman al farizi jamsostek bdg 2 on May 29, 2009

115. biala masih ada yang kebingungan bisa tanya tanya di YM saya di be_fasya@yahoo.com
terimakasih
insya allah pertanyaan seputar jamsostek bisa terselesaikan dengan baik

By fasya salman al farizi jamsostek bdg 2 on May 29, 2009

116. ataupun bisa telp ke esia 022 91321732 jam kerja aja,,kalo memang mendesak diluar jam kerja juga ok maksaih
senang bisa membantu para RAJA dan Ratu kami

By fasya salman al farizi jamsostek bdg 2 on May 29, 2009

117. @nata
bila bu nata mau menetap disana dan pindah kewarganegaran bisa dicairkan sebelum lima tahun,trimaksaih

By fasya salman al farizi jamsostek bdg 2 on May 29, 2009

118. Mbak Fasya selamat siang, bisakah nolong saya?

Sy (KPJ 88K00056427) menarik JHT di Jamsostek Gd Soilens Bandung (Penetapan JHT No. K00H2003395569) pd tgl 19 Ags 03 stelah putus kerja dgn persh (NPP: KK001074 000) tgl 30 Apr 03.

Saat itu diketahui bhw persh tempat sy bekerja belum lunas bayar Iuran kpd Jamsostek (8 bln di 2002 dan 3 bulan di 2003). Jadi Jamsostek yang dibayarkan kpd sy saat itu tidak termasuk porsi pada bulan-bulan tertunggak tsb.

Sekarang mah “hutang” iuran Jamsostek tsb sudah dilunasi oleh persh. Tapi, krn pekerjaan sy tidak pernah menjadikan sy peserta Jamsostek lagi maka sy tdk bisa melanjutkan program JHT sy yang tersisa itu.

Sy sdh coba nanya via telp (Mei-Juni 2009) ke Jamsostek Bandung yang menyaran sy menghub Jamsostek Purwokerto (di kota saya tinggal sekarang). Akhirnya sy mendapat keterangan bhw mrk sdh berkoord dgn Bandung dan bahwa sudah tidak ada saldo tersisa a/n sy di Jamsostek..

Sy yakin, jika Jamsostek mengadministrasikan dengan benar tentu saldo itu masih ada dan dapat ditelusuri. Sy yakin itu, krn walau telat bayar persh tetap rutin setiap bulan melaporkan daftar kary dan jumlah iuran yang tertunggak. Dan, kebetulan pula urusan Jamsostek di persh tsb berada dalam divisi sy ketika sy belum mengundurkan diri.

Sehubungan dgn hal-hal di atas dan bila PT. Jamsostek berpendapat bahwa saldo tersisa tsb adalah masih hak sy, sy mohon informasi gimana sy dpt menariknya. Bila diperlukan dapat sy kirimkan copy surat yang terkait.

Terimakasih atas bantuan mbak Fasya.

Salam,
/Pak DP

By Pak DP on Jun 6, 2009

119. @ Bpk Djuned
Mungkin jawaban saya bisa membantu

Kalo pada bulan Agustus 2003 saat bapak mengambil JHT sedang iuran belum dibayarkan s/d April 2003,maka akan timbul JHT Kurang Bayar yang seperti bapak utarakan

Begitupula sebaliknya,jika pd saat bapak mengambil JHT sedang iuran sudah dibayar perusahaan s/d April 2003 maka tidak ada Hutang JHT alias tidak ada saldo yang tersisa.

Tapi biasanya bidang pelayanan menunggu pembayaran iuran dari perusahaan untuk menghindari terjadinya JHT Kurang Bayar tadi…
Mungkin pada kasus bapak iuran sudah dibayar sebelum penetapan dan pembayaran klaim JHT sehingga tidak ada lagi saldo yang tersisa.

Terima kasih

By irawan on Jun 9, 2009

120. @ Pak Irawan,
Thanks untuk waktu dan responnya.
Karena Anda memakai istilah “kalau” dan “mungkin”, maka bisa jadi masih ada sisa saldo JHT saya. Berikut informasi tambahan:
1. Sampai saat saya menarik JHT itu saya masih sering kontak dengan persh sehub beberapa poin yang perlu dikoordinasikan. Dan saya tahu memang masih ada iuran yang tertunggak.
2. Mungkin bisa dilacak dengan Pak Usup yang dulu mengadministrasikan Penetapan saya itu. Beliau juga yang menuliskan daftar bulan2 yang belum lunas itu di secarik kertas untuk saya.

Semoga info tambahan ini bisa membantu dan saya percaya catatan di Jamsostek cukup rapih. Sekiranya diperlukan, saya bisa menghubungi mantan kerabat kerja saya di persh itu untuk meminta tanda terima pembayaran bulan2 tertunggak untuk melihat tanggalnya. Perlu kah pak?

Saya menghargai terselenggaranya Blog ini yang dari postingan2 di atas terasa sekali manfaatnya bagi peserta program Jamsostek. Selamat bekerja, salam.
/Djuned

By Pak DP on Jun 9, 2009

121. Iya benar,
Agak susah karena masalahnya itu terjadi tahun 2003 pada waktu aplikasi Jamsostek belum online,dan udah saya cek di sistem History Saldo punya bapak menunjukkan sisa saldo nol dengan periode non aktif 05-2003.
Jika sesuai prosedur memang udah ga ada lagi sisa saldo,kecuali ada catatan2 khusus yang seperti bapak bilang diatas.

Kalo bapak masih penasaran,langkah yang terbaik bapak bisa menghubungi kantor jamsostek dimana perusahaan bapak daftar,atau kalo gak kantor tempat bapak mengambil JHT.

Semoga jawaban saya bisa membantu dan terima kasih.

By irawan on Jun 10, 2009

122. Ok mas, terimakasih.
Salam

By Pak DP on Jun 11, 2009

123. pak mohon informasi dan pencerahannya ya..Saya terdaftar anggota Jamsostek dr Januari 2003 s/d Juni 2009,sebelumnya (2003-2004) sy bekerja di PT A,kemudian (2007-2009)bekerja lg di PT B,artinya stlh saya habis kontrak dg PT A sy kemudian bekerja di PT B dgn status keanggotaan Jamsostek tetap dilanjutkan.
pertanyaan saya adalah:
1.mengapa pada saat sy mendapatkan rincian saldo tahunan,yang tertera hanya jumlah saldo PT B saja ya?apakah saldo saya terdahulu(saat bekerja di PT A)hilang?
2.Saya berniat mencairkan JHT saya,apakah bisa hanya surat berhenti dr PT terakhir saja(PT B)?
3.Bgmn bila alamt KTP pada saat sy bekerja di PT A berbeda pada saat saya bekerja di PT B?krn pindah domisili.

Demikian Pak..thx

By zsoer on Jul 9, 2009

124. Bp Zsoer,
Saya ingin meyakinkan apakah anda memiliki 1 atau 2 kartu. Kalau perusahaan B tidak meminta nomor kartu Jamsostek dari perusahaan A, ada kemungkinan anda dibuatkan kartu yang baru karena memang lebih mudah untuk membuat kartu baru dibandingkan dengan meneruskan kartu yang lama.
1. Dalam hal terdapat 2 kartu anggota Jamsostek, pabila perusahaan A benar-benar telah membayar JHT anda kepada Jamsostek maka saldo TIDAK AKAN pernah hilang. Apabila anda masih menyimpan kartu Jamsostek dari perusahaan A maka anda dapat mencairkan dana JHT saat ini karena anda mulai bekerja tahun 2003. Berarti sudah lebih dari 5 tahun. Persyaratan dapat membaca pengalaman teman-teman lain diatas. Namun surat berhenti bekerja harus berasal dari perusahaan A.

Untuk pertanyaan nomor 2 dan 3 dapat dijawab oleh rekan-rekan lain yang lebih mengerti masalah operasional karena kebetulan saya tidak di bagian tersebut. Bapak Zsoer dapat juga menanyakan hal ini di kantor cabang Jamsostek tempat perusahaan Bapak membayarkan setoran JHT.

Terima kasih.

By Ria on Jul 21, 2009

125. saya ingin bertanya seputar jamsostek nih….
berapakah batas minimum karyawan yg ada di perusahaan sehingga perusahaan tersebut dapat mendaftarkan karyawannya ke jamsostek???

By scoob on Jul 29, 2009

126. nama sy christina,setelah menikah nama sy berganti menjadi christina chairun nur nissa,tapi di ktp dan ijazah sy masih mengunakan nama sy yg asli.sedang di kk nama sy christina cahirun nur nissa,di kartu jamsostek tercantum nama christina khairunnissa,dan setelah sy teliti ulang terdapat perbedaan antara nomor kpj kartu jamsostek dengan lembaran saldo yg sy terima sewaktu sy belum berhenti di perusahaan tmpt sy bekerja.yang ingin sy tanyakan:1. apakah dengan perbedaan nama tersebut sy masih bs mencairkan dana jamsostek? 2.apa yang harus sy lakukan dng perbedaan nomor kpj saya?sy harapkan jawaban secepatnya,krn saya sangat bimbang.
terimakasih atas perhatiannya

By CHRISTINA on Sep 9, 2009

127. @ christina

1. Yang pasti semua JHT milik Tenaga Kerja BISA DICAIRKAN, kasus mbak christina tinggal masalah administrasi aja.

2. Bisa diurus melalui perusahaan atau ke cabang Jamsostek tempat perusahaan mendaftar.

By irawan on Sep 30, 2009

128. @ scoob

minimal 10 orang Tenaga Kerja atau total upah 1 juta.
Kalo ngeliat UMP sekarang rata2 diatas 500 ribu, berarti 2 orang tenaga kerja aj dah cukup untuk masuk Jamsostek.

By irawan on Sep 30, 2009

129. hari ini saya datang ke kantor jamsostek cabang lampung untuk klaim JHT di karenakan saya saat ini seorang PNS yang tidak ikut lag kepesertaan Jamsostek dan bisa di klaim <>

saya bekerja di PT A selama 2 Tahun, dan di PT B selama 1 tahun. Kartu Jamsostek di PT A tidak pernah saya terima sampai hari akhir saya resign, di PT B Kartu KPJ 1 Bulan sudah saya terima dengan Baik. KPJ di PT A terdaftar di Jamsostek Cabang Tj Priok dan KPJ PT B di Lampung.

Namun pada saat saya akan Klaim, kartu jamsostek dari PT A tidak bisa saya lampirkan karena memang saya tidak pernah terima. dan disarankan untuk buat surat laporan kehilangan kepolisian, namun saya menolak karena takut berakibat fatal nantinya (Laporan Fiktif). akhirnya CSO nya agak sedikit kesal dan diarahkan ke Kabid Pelayanan Ibu Tami, saya ceritakan kronologis yang saya alami. Namun diluar dugaan jawaban yang saya terima bahwa kartu KPJ saja saya gk pernah terima bagaimana membuktikan bahwa memang milik saya, dan saya bilang bahwa ibi bisa konfirmasi dan verifikasi ke PT A juga melakukan interview dengan saya mengenai kebenaran data dan Fakta.

akhirnya saya disarankan kembali ke CSO, dan CSO sebelum konfirmasi ke saya di Telp dulu by ibu Tami Kabid Pekayanan PT Jamsostek Cabang Lampung.

Konfirmasi yang saya Terima, karena KPJ saya di PT A dari Cabang Tj. Priok dan ini adalah cabang Lampung, maka saya di arahkan ke Cabang Bandar Jaya. Alasannya untuk mencairkan KPJ cabang lain “TIDAK BISA” dan kebijakan Ibu Tami tadi (Padahal saya sudah bilang ya udah kl memang saya harus buat Laopran Ke POLISI Gpp). mungkin di cabang Bandar Jaya Bisa, karena “Mungkin Kebijakan nya Juga Berbeda”…:)

Gubrakkkkkk,…Oalllaaaaaaaaaaaahhhhhh

Ternyata saya belum beruntung seperti Temen-temen…..mau cairin JHT Nasib juga menjadi Penting tho…….

By Bandrex on Oct 15, 2009

130. mohon info, orang tua saya (bapak) telah bekerja lbh dari 20 thn di 3 perusahaan yang berbeda. pertama di PT. Total Indonesia, kedua PT. Elnusa dan yg terakhir berwiraswasta dgn membuka perusahaan sendiri pada thn 1996 - 1998. Ketiga tmpat ia bekerja memiliki 3 kartu kepesertaan (KPJ)yg berbeda2 pula tetapi tidak diketahui apakah ketiga KPJ tersebut terputus atau tidak. Utk informasi nya ketiga kepesertaan tsb terdiri dari yg pertama masih bernama ASTEK dan yg dua terakhir telah berganti nama Jamsostek..Apakah ini sama?? Yang ingin saya tanyakan apakah masih dapat diurus pencairan JHT utk orang tua saya ini?mengingat kl dihitung dari masa kerja yg lbh dari 20thn ditempat yg berbeda2 pula apakah kesulitan yg akan saya hadapi sementara dokumen yg ia miliki hanya identitas diri dan 3 kartu peserta tsb. Utk kelengkapan lain spt surat ket kerja, ket pindah kerja, atau pengangkatan dsb mgkn sudah tidak ada lagi alias hilang oleh waktu atau sudah rusak.Mohon bantuan dari semua rekan2 yang ada disini. Terima kasih.

By arief on Oct 16, 2009

131. pak,bu..saya mau nanya apakah jamsostek saya bisa di cairkan apabila data tanggal lahir saya yang tertera di kpj berbeda dengan yang tertera di ijazah..
terima kasih

By tri madyo on Nov 5, 2009

132. mohon tambahan info nya ya…
Sy ikut menjadi anggota JHT dari Januari 2003 s/d Juni 2009.
sy sdh berhenti dr PT A (2003)kemudian masuk lg di PT B (2007-2009),pd saat sy masuk di PT B keanggotaan JHT sy dilanjutkan oleh PT B,dgn meminta nomer kartu lama saya,dan itu sdh sy pastikan memang benar dilanjutkan.
skrg sy sdh berhenti dr PT B,pertanyaannya adalah :

1.mengapa rincian dan jumlah saldo yang saya terima hanya transaksi dr PT B saja (2007-2009? kemana saldo terdahulu?

2.Apakah selama masa sy tidak bekerja (nganggur)(2004-2006)keanggotaan saya msh berlaku?artinya saldo terdahulu semasa msh bekerja (2003) msh tetap ada?

3.bagaimana dg perubahan domisili? mengingat KTP domisili saya di PT A berbeda dg PT B?dikarenakan pindah rumah.

4.Apakah saldo JHT saya tetap terakumulasi walaupun sy sempat nganggur diantara tahun2 aktif?
2003 = kerja di PT A
2004-2006 = nganggur
2007-2009 = kerja di PT B

mungkin bisa dibantu pencerahannya ya….thx

By zsoer on Nov 18, 2009

1 komentar:

ahmad mengatakan...

saya mantan buruh kerja di 5 perusahaan masing rata2 1.5th, shg klaim jamsosteknya kecil sktr 1jt-an dan mesti nuggu 5th dan pernahnyaba berbelit. jadi males ngurusnya.t ternyata kasus ini sama dg teman2 sy lainnya, pertanyaannya jika yg seperti sy ada 1jt org. berarti dana terkumpul 1Triliyun. kemankah uangnya digunakannn....???